Ada 6 Kandidat, Risma Lawan Terberat Ahok

Ada 6 Kandidat, Risma Lawan Terberat Ahok
Tri Rismaharini. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan, enam kandidat berpeluang menjadi penantang Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI 2017 mendatang.

Mereka ialah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Politikus Gerindra Sandiaga Uno, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra.

Selain itu, ada juga mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin dan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

Dari enam nama tersebut, Risma jauh lebih unggul dibanding lima kandidat lain. Sekitar 38.46 persen responden menjagokan Risma untuk melawan Ahok. Sementara kandidat lain tak melebihi angka 20 persen.

"Saat kami menanyakan siapa tokoh yang paling berpeluang menjadi penantang terberat Ahok, sekitar 15.90 persen responden memilih Sandiaga Uno. Kemudian Anies (14.82 persen), Yusril (10.77 persen), Sjafrie (0.15 persen) dan Adhyaksa (0,26 persen). Sisanya memilih tokoh lain itu mencapai 0,26 persen," ujar Direktur Eksekutif dan Riset Poltracking Indonesia Hanta Yuda, Kamis (15/9).

Hasil tersebut berbanding lurus dengan tingkat elektabilitas para kandidat. Di mana Risma yang dijagokan 13.85 persen. Dia berada di urutan kedua setelah Ahok yang memiliki elektabilitas 40.77 persen.

Di urutan berikutnya terdapat Sandiaga Uno dengan 9.23 persen dan Anies (8.29 persen). "Tapi perlu diketahui juga, dalam survei yang kami lakukan, sebanyak 56.41 persen responden menyatakan masih mungkin mengubah pilihan," ujar Hanta.

Menurut Hanta, sebanyak 28.72 persen responden menyatakan baru mantap menetapkan pilihan pada masa kampanye. Kemudian, sebanyak 22.31 persen pada hari H pemungutan suara.

JAKARTA - Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan, enam kandidat berpeluang menjadi penantang Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI 2017

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News