Ada 8 Benda Paling Berkuman di Rumah Anda

Ada 8 Benda Paling Berkuman di Rumah Anda
Foto: Ilustrasi/Fox News

jpnn.com - METODE ekstrim untuk membersihkan perabotan rumah tangga seperti disikat atau memanfaatkan bahan pembersih paling kuat belum tentu membuat rumah anda benar-benar terhindar dari kuman. Karenanya, saat bersih-bersih ada beberapa perabot di rumah yang harus diprioritaskan.

Menurut Kelly Reynolds, pakar biologi lingkungan dari Zuckerman College of Public Health, University of Arizona, ada 8 benda paling berkuman yang ada di rumah sehingga butuh upaya ekstra untuk membersihkannya. Apa saja itu?

1. Spons

Agak ironis karena ternyata alat pembersih ini justru yang paling berkuman di rumah. Dan spons terbukti selalu positif mengandung bakteri penyebab penyakit seperti Salmonella, E. coli, Staphylococcus, termasuk virus influenza, selain menjadi tempat yang ideal untuk perkembangbiakan bakteri.

Dengan sekali bilas, anda bisa saja menyebarkan bakteri penyakit ke berbagai tempat, terutama ke benda-benda yang kerap dibersihkan dengan spons misal alat makan.

2. Bak cuci piring

"Di area ini biasanya bersarang lebih dari 500.000 bakteri atau 10 kali lebih banyak daripada yang ditemukan di dudukan toilet," kata Reynolds, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (19/1).

Selain jarang dibersihkan karena biasanya hanya dibilas dengan air, bak cuci piring terkadang juga dipakai sebagai tempat untuk meletakkan buah dan sayur mentah setelah dan sebelum dicuci, sejajar dengan pisau dan daging mentah. Kondisi semacam ini menyebabkan patogen mudah berkeliaran. Belum lagi karena tempatnya yang lembab dan dipenuhi sisa-sisa makanan membuat bakteri mudah berkembang biak di sini.

METODE ekstrim untuk membersihkan perabotan rumah tangga seperti disikat atau memanfaatkan bahan pembersih paling kuat belum tentu membuat rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News