Masturbasi Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Diabetes

Masturbasi Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Diabetes
Masturbasi Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Diabetes

jpnn.com - PARA peneliti menyatakan bahwa masturbasi merupakan metode seks sehat selama tidak berlebihan dan kebersihan tubuh terjaga. Bahkan, dua peneliti di Australia menemukan manfaat kesehatan dari masturbasi ketimbang sekadar kepuasan seksual.

Anthony Santella, peneliti kesehatan publik dari University of Sydney dan rekannya Spring Chenoa Cooper sepakat bahwa masturbasi dapat mencegah berbagai penyakit kronis, di antaranya cystitis atau infeksi saluran kemih, diabetes hingga kanker prostat. Dari penelitian Sntella dan Cooper, 94 persen laki-laki bermasturbasi. Sedangkan 85 persen perempuan juga melakukannya bahkan ketika sedang hamil dan ada jabang bayi di kandungan mereka.

Dari penelitian itu juga diketahui bahwa manfaat masturbasi justru menonjol pada kaum perempuan. "Bagi wanita, masturbasi dapat membantu mencegah infeksi pada serviks termasuk saluran kemih. Karena ketika terangsang, proses ini membuat serviks merenggang dan melancarkan sirkulasi cairan pada serviks, sehingga cairan yang sarat bakteri terbuang," kata Santella seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (19/1).

Melakukan masturbasi juga bisa mencegah resiko diabetes tipe 2, mengurangi insomnia karena pelepasan hormon dan ketegangan selama melakukan seks mandiri, serta meningkatkan kekuatan panggul bawah melalui kontraksi yang terjadi ketika orgasme. Selain itu, masturbasi dapat melindungi seseorang dari kanker, terutama bagi pria.

Beberapa studi telah memperlihatkan bahwa pria yang rutin bercinta atau melakukan masturbasi berisiko lebih rendah terserang kanker prostat. Sebab, terjadi pelepasan toksin dari kelenjar prostat saat ejakulasi.

Masturbasi dapat mencegah seseorang terkena depresi, karena orang yang mengalami orgasme enghasilkan hormon endorfin yang identik dengan kebahagiaan dan mengakibatkan peningkatan hormon kortisol yang dapat menguatkan sistem kekebalan.

Apalagi mereka menambahkan jika masturbasi merupakan metode paling nyaman untuk memaksimalkan orgasme yang dimiliki seseorang, sehingga orang yang rutin melakukan masturbasi stres, rasa nyeri dan tekanan darahnya berkurang serta meningkatkan kepercayaan dirinya.(fny/jpnn)


PARA peneliti menyatakan bahwa masturbasi merupakan metode seks sehat selama tidak berlebihan dan kebersihan tubuh terjaga. Bahkan, dua peneliti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News