Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Anak Kecanduan Teknologi

Mengenal Lebih Dini Tanda-Tanda Anak Kecanduan Teknologi
Ilustrasi/Daily Telegraph

jpnn.com - KOMPUTER dan smart phone kini bukan lagi perangkat milik orang dewasa. Sebab, anak-anak pun banyak yang menggunakannya.

Tapi, hati-hatilah dengan anak yang biasa bermain gadget. Sebab, perangkat teknologi itu bisa memicu kecanduan.

"Ada beberapa tanda yang menunjukkan anak-anak berpotensi untuk kecanduan teknologi, khususnya gadget. Bila sudah mengalami hal ini, maka anak-anak tersebut membutuhkan terapi yang disebut detoks digital," kata seorang psikiater di London, Dr Richard Graham, seperti dilansir laman Daily Mail, Jumat (17/1).

Karenanya, Graham menyodorkan tanda-tanda yang layak dikenali orang tua agar tidak kecolongan saat anaknya kecanduan teknologi. Apa saja tanda-tanda itu?

1. Kehilangan minat pada aktivitas lain

Penolakan yang selalu dilakukan anak ketika diajak orang tua melakukan kegiatan luar ruang yang menyenangkan merupakan salah satu tanda bahwa anak itu kecanduan teknologi. Bila penolakan ini meningkat dan si anak semakin sulit diajak melakukan sesuatu selain yang berhubungan dengan gadget, maka itu berarti tanda-tanda sudah kecanduan.

2. Terus menerus bicara tentang teknologi

Jika anak selalu bicara tentang apa yang akan dilakukannya di internet, atau orang tua menduga anaknya sedang memikirkan update-update tentang teknologi, maka itu adalah sebuah masalah.

KOMPUTER dan smart phone kini bukan lagi perangkat milik orang dewasa. Sebab, anak-anak pun banyak yang menggunakannya. Tapi, hati-hatilah dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News