Ada Benda yang Hilang di Makam Pahlawan Tan Malaka, Gempar

Ada Benda yang Hilang di Makam Pahlawan Tan Malaka, Gempar
Bendera yang ada di makam pahlawan kemerdekaan Tan Malaka, Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hilang. Di foto dokumen 2022 masih ada bendera terpasang dan kini hilang. ANTARA/ HO-dokumen Imam Mubarok

jpnn.com, KEDIRI - Ulah tangan usil beraksi di makam pahlawan kemerdekaan Tan Malaka.

Bendera Merah Putih sebagai penanda di makam pahlawan yang terletak di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hilang.

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri (DKPP) Imam Mubarok mengatakan di makam tersebut memang sengaja dipasang penanda berupa Bendera Merah Putih yang terbuat dari logam.

Bendera tersebut sekaligus menunjukkan bahwa di makam itu merupakan pahlawan kemerdekaan.

"Saya kemarin (Selasa, 21/2) sowan sekaligus ziarah dan tahlil di Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, sebab tanggal 21 Februari 2023 tepat 74 tahun Tan Malaka gugur. Saat itu sebenarnya ada yang janggal ketika berdoa di atas pusara, tetapi saya belum berpikir, sebab agak buru-buru karena cuaca mendung," kata Imam di Kediri, Rabu.

Dia mengaku kemudian mencari tahu adanya kejanggalan tersebut dengan melihat kembali foto-foto koleksinya di area makam Tan Malaka.

"Dan benar, ternyata Bendera Merah Putih di atas pusara Tan Malaka saya zoom sudah tidak ada. Entah hilang atau sengaja dihilangkan saya tidak paham. Apa pun beliau, Tan Malaka ini adalah Pahlawan Kemerdekaan sesuai Kepres 53/1963 tanggal 28 Maret," kata dia.

Tan Malaka dijuluki sebagai Bapak Republik merupakan Pucuk Penghulu (Raja) di kampungnya, Nagari Pandam Gadang, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Lima Pukuh Kota, Sumatera Barat.

Ulah tangan usil beraksi di makam pahlawan kemerdekaan Tan Malaka di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News