Ada Black Hole di Bima Sakti

Ada Black Hole di Bima Sakti
Ada Black Hole di Bima Sakti
WASHINGTON— Para Astronom National Aeronautics and Space Administration (NASA) kemungkinan telah menemukan ‘black hole’—lubang hitam terbaru yang terbentuk di galaksi kita, Bima Sakti. Menurut mereka, black hole mungkin tercipta karena ledakan dari bintang yang akan mati.

Dikutip dari nasa.com, Jumat (15/2), menurut gambar-gambar baru dari teleskop Sinar-X Chandra, milik NASA, yang mengamati jagat raya dari orbit 139 ribu kilometer di atas Bumi, memberi indikasi bahwa sisa ledakan bintang raksasa, supernova, berupa awan gas yang menyala dan berbentuk aneh, kemungkinan membentuk satu lubang hitam muda.

Sisa ledakan bintang itu, yang dinamakan W49B, yang diperkirakan berusia 1000 tahun. Jika dibandingkan dengan umur jagat raya yang diperkirakan berusia 14 miliar tahun.

Menurut Smithsonian Astrophysical Observatory di Massachusetts yang mengoperasikan teleskop Chandra, apabila temuan ini dikukuhkan, W49B akan menjadi lubang hitam termuda dalam galaksi BimaSakti.

WASHINGTON— Para Astronom National Aeronautics and Space Administration (NASA) kemungkinan telah menemukan ‘black hole’—lubang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News