Ada Enam Jenderal Bintang Tiga, Siapa Layak Gantikan BG?

Ada Enam Jenderal Bintang Tiga, Siapa Layak Gantikan BG?
Komjen Budi Gunawan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA –  Langkah Wakapolri Komjen Budi Gunawan menuju kursi Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) menggantikan Sutiyoso tampaknya bakal mulus. 

Praktis, posisi Wakapolri akan kosong dalam waktu dekat. Lalu siapa pengganti Wakapolri yang cocok dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian?

Pengamat Kepolisian Mufti Makarim menjelaskan bahwa cukup sulit untuk memprediksi siapa yang akan menduduki jabatan Wakapolri pasca ditinggal Budi Gunawan.

Namun, yang pasti ada sejumlah kriteria yang harus dimiliki. ”Harus seirama dengan Kapolri tentunya,” paparnya.

Ada sejumlah program prioritas Kapolri, diantaranya reformasi internal, menghentikan praktik pungli dan perbaikan citra kepolisian. 

Tentunya, Wakapolri harus memiliki keinginan yang sama dengan program itu. ”Nah, pasti harus menyesuaikan dengan itu semua,” jelasnya.

Tentunya, saat ini ada enam jenderal berbintang tiga yang memiliki kesempatan yang sama untuk menempati posisi tersebut. 

Kalau diambil pragmatisnya, maka Wakapolri tentu akan dicari yang masa pensiunnya paling lama. Hal itu mengingat Kapolri saat ini masa jabatannya bisa sangat lama. 

JAKARTA –  Langkah Wakapolri Komjen Budi Gunawan menuju kursi Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin) menggantikan Sutiyoso tampaknya bakal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News