Bamsoet Yakin BG Bakal Mudah Lalui Fit and Proper Test Calon KaBIN

Bamsoet Yakin BG Bakal Mudah Lalui Fit and Proper Test Calon KaBIN
Komjen Budi Gunawan saat menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri pada 2015 silam. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - DPR telah menjadwalkan fit and proper test bagi Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai calon kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN). Rencananya, Wakapolri itu akan menjalani fit and proper test pada Rabu (7/9) di Komisi I DPR.

Dalam analisis Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, BG -sapaan akrab Budi Gunawan- akan secara mudah menjalani fit and proper test di Komisi I DPR yang membidangi pertahanan dan intelijen. Bambang menegaskan, BG bukan sosok asing bagi DPR karena pernah lolos menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri hingga paripurna.

“Saya yakin, fit and proper kali ini pun di Komisi I akan berjalan mulus. Sebagai jenderal polisi bingang tiga dan orang nomor dua di Polri, BG tentu sangat paham tantangan yang bakal dihadapi BIN ke depan dan akan dibawa ke mana institusi indra presiden itu,”  ujar Bambang, Senin (5/9) pagi.

Bamsoet Yakin BG Bakal Mudah Lalui Fit and Proper Test Calon KaBIN

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN.Com

Politikus Golkar yang beken disapa dengan panggilan Bamsoet itu menambahkan, saat ini pun tantangan yang dihadapi Indonesia semakin meningkat. Ada penetrasi jaringan teroris, sindikat narkoba, hingga korupsi dan pasar gelap.

Bamsoet menjelaskan, percobaan serangan bom bunuh diri pada gereja di Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu menjadi penanda masih tingginya aktivitas sel-sel teroris di dalam negeri. Ada indikasi aksi itu dilakukan kaki tangan ISIS lantaran mirip dengan serangan pada rumah ibadah di Nomardy, Prancis, Juli 2016.

Selain itu, kelemahan intelijen negara juga terlihat sangat mencolok pada keberhasilan sindikat narkoba melakukan penetrasi di lembaga penegak hukum sekaligus membentuk sel-sel. Berbagai tangkapan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pengakuan Fredi Budiman jelas mengonfirmasi adanya sindikat narkoba yang merasuki jajaran aparat.

JAKARTA - DPR telah menjadwalkan fit and proper test bagi Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai calon kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN). Rencananya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News