Ada Kabar Menggembirakan dari Sektor Perikanan

Ada Kabar Menggembirakan dari Sektor Perikanan
Wamendag Jerry Sambuaga membagikan kabar soal ekspor sektor perikanan. Foto: Humas Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan mencatat sektor perikanan laut dan produk perikanan menunjukkan kinerja ekspor yang menggembirakan selama pandemi Covid-19.

Wakil Menteri Perdagangan Jery Sambuaga menjelaskan berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) dan ITC Trademap, nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada 2021 mencapai USD 4,06 miliar atau tumbuh positif 6,92 persen dibandingkan pada 2020.

Selain itu, Jery mengungkapkan baru-baru ini telah melepas ekspor rajungan senilai USD 500 ribu ke Kanada.

Hal itu sebagai bentuk dukungannya kepada para pelaku usaha, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta perusahaan rintisan (start up) untuk terus mengembangkan produknya dan meningkatkan ekspor ke pasar global.

"Diharapkan pelepasan yang diinisiasi PT Aruna Jaya Nusantara ini dapat terus memberi kontribusi bagi kinerja yang menggembirakan tersebut,” ungkap Jery, Jumat (11/2).

Wamendag menambahkan berbanding terbalik dengan Indonesia, sebagian besar negara eksportir utama produk perikanan dunia menurun cukup siginifikan dibanding tahun sebelumnya.

Tiongkok menurun 11,33 persen, Norwegia 8,23 persen, Vietnam 6,90 persen, India 19,4 persen, dan Chile 14,08 persen.

Kemendag mencatat udang beku masih menjadi komoditas unggulan dengan nilai ekspor mencapai USD 1,53 miliar atau sebesar 37,72 persen pada 2021.

Kementerian Perdagangan mencatat sektor perikanan laut dan produk perikanan menunjukkan kinerja ekspor yang menggembirakan selama pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News