JPNN.com

Ada Kendala di Sistem Proses Vaksinasi Covid-19, Ganjar langsung Bertindak Cepat

Selasa, 19 Januari 2021 – 16:09 WIB
Ada Kendala di Sistem Proses Vaksinasi Covid-19, Ganjar langsung Bertindak Cepat - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo di di Puskesmas Manahan Solo. Foto: Instagram

jpnn.com, SOLO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemukan kendala sistem saat meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Manahan Solo, Selasa (19/1).

Akibatnya, dari target 15 tenaga kesehatan yang harusnya divaksin tahap hari ini, hanya 8 orang yang bisa dilaksanakan.

"Vaksinasi berjalan baik, saya sudah cek kemarin di Semarang dan hari ini di Solo. Memang harus ada percepatan, kami sudah bicarakan hal ini pada Pak Menkes," kata Ganjar.

Menurutnya, sistem pendaftaran vaksinasi menjadi kendala untuk percepatan vaksinasi. Ia mengusulkan adanya terobosan terkait hal ini.

"Harus ada terobosan, karena sistem ini agak rigid. Praktiknya, yang sudah terdaftar di sistem, waktunya tidak bisa sesuai. Akhirnya seperti yang hari ini terjadi, hanya bisa 8 orang divaksin padahal sebenarnya bisa 15 orang. Kan sayang ini," jelasnya.

Usulan tentang percepatan itu, lanjut Ganjar, sudah disampaikan pada Kementerian Kesehatan. Dia berharap dalam waktu 2-3 hari ke depan, sudah ada perubahan-perubahan untuk mempercepat.

Salah satu usulan Ganjar adalah proses pendataan sementara menggunakan cara manual. Data-data penerima dari pusat, diserahkan secara manual untuk kemudian diverifikasi di daerah, kemudian diinput ke data pusat.

"Kami minta izin mendata manual saja, nanti kami yang ngalahi nginput ke pusat. Kalau sistem itu terbuka, kita bisa genjot lebih cepat lagi, tentunya harus tetap kredibel dan nakes menjadi prioritas," jelasnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...