Ada Makna Politik dari Kemesraan Jokowi-Kang Emil, Begini Kata Pengamat 

Ada Makna Politik dari Kemesraan Jokowi-Kang Emil, Begini Kata Pengamat 
Presiden Jokowi selama kunjungan terekam mesra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena keduanya sempat makan malam bersama di Pasar Kreatif. Foto: Twitter Presiden Joko Widodo

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama di Bandung, Jawa Barat memiliki makna politik.

Terlebih lagi, Jokowi selama kunjungan terekam mesra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil karena keduanya sempat makan malam bersama di Pasar Kreatif.

Menurut Saidiman, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil pada dasarnya menjadi satu di antara tokoh potensial menjadi Bakal Cawapres 2024.

Di sisi lain, lanjut dia, nama Kang Emil belakangan masuk bursa untuk mendampingi Bakal Capres 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo.

"Kalau Ridwan Kamil kemudian dipertimbangkan untuk menjadi salah satu tokoh alternatif untuk jadi cawapres Ganjar itu sangat logis,” kata dia kepada awak media, Kamis (13/7). 

Sebab, kata Saidiman, Kang Emil sudah menjadi kader Partai Golkar dan punya basis kuat di Jawa Barat.

Dari situ, PDIP serta Ganjar butuh sosok yang bisa menutupi kekurangan pada Pilpres 2024 di Tanah Pasundan yang dipegang Kang Emil bersama Golkar.

"Partai Golkar basisnya agak berbeda dengan basis PDIP dan basis Ganjar. Dari sisi itu sangat potensial untuk kemudian dibangun kerja sama politik,” ujar dia. 

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyebut kunjungan Presiden Jokowi selama di Bandung, Jawa Barat memiliki makna politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News