Ada Mobil Dumlap untuk Korban Banjir Mojokerto

Ada Mobil Dumlap untuk Korban Banjir Mojokerto
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (jongkok berkerudung putih) saat meninjau dapur lapangan korban banjir di Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (1/4). Foto: Biro Humas Kemensos for JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur, Sabtu (1/4). Kunjungannya dalam rangka menyerahkan bantuan bagi para korban banjir yang melanda Kecamatan Mojoanyar beberapa hari lalu.

Sebagaimana siaran pers Kemensos, ada bantuan senilai Rp 225 juta yang terdiri dari peralatan evakuasi, sandang dan paket keluarga. Khofifah juga memberikan satu unit mobil dapur umum lapangan (Dumlap) senilai Rp 462 juta.

"Dumlap ini sangat berguna dalam mendukung kebutuhan logistik pengungsi dan relawan saat terjadi bencana. Semoga bisa bermanfaat," ujar Khofifah di tengah-tengah warga korban banjir.

Tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu menambahkan, mobil Dumlap dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung dapur umum. Antara lain tabung gas, kompor dan peralatan memasak lain.

Selain itu, mobil Dumlap juga dilengkapi berbagai pengaman seperti pemadam api dan perlengkapan lain untuk mendukung kelancaran operasional.

Menurut Khofifah, solusi untuk mengatasi banjir di Mojokerto adalah normalisasi sungai serta mitigasi berupa penanaman pohon di hulu. Yang tak kalah penting, perlu ada sistem peringatan dini tentang potensi hujan. “Untuk mengurangi risiko ketika banjir,” tuturnya.(ara/jpnn)


Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur, Sabtu (1/4). Kunjungannya dalam rangka menyerahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News