Ada Pengamat Sebut Prabowo dan AHY Lebih Berpeluang ketimbang Gatot dan Andika, Kok Bisa?

Ada Pengamat Sebut Prabowo dan AHY Lebih Berpeluang ketimbang Gatot dan Andika, Kok Bisa?
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga mengatakan ada empat tokoh berlatar belakang militer yang layak menjadi kandidat pada Pilpres 2024.

Menurutnya, empat tokoh itu ialah Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Andika Perkasa, dan Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Namun, Jamiluddin menganggap kans Prabowo dan AHY untuk diusung di Pilpres 2024 lebih besar ketimbang Gatot maupun Andika.

"Elektabilitas Prabowo selalu menduduki berada di tiga besar, sedangkan AHY belakangan ini selalu masuk enam besar," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Senin (24/5).

Mantan dekan FIKOM IISIP Jakarta itu menyebut Gatot Nurmantyo sebetulnya merupakan tokoh yang disegani.

Hanya saja, sampai saat ini elektabilitas mantan Panglima TNI yang kini menjadi pentolan Kesatuan Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu masih rendah.

Oleh karena itu, Jamiluddin menyebut peluang Gatot dilirik partai politik juga masih kecil. "KAMI, organisasi yang menaunginya, tampaknya belum cukup kuat untuk menaikkan elektabilitasnya," ujar Jamiluddin.

Adapun mengenai Andika Perkasa yang kini menjabat KSAD, Jamiludin mengatakan alumnus Akmil 1987 itu sebaiknya fokus pada karier militernya.

Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah dua tokoh dari kalangan militer yang berpeluang besar maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News