Ada Sinyal Positif, Bu Diah Optimistis Arab Saudi Buka Penyelenggaraan Haji 2022

Ada Sinyal Positif, Bu Diah Optimistis Arab Saudi Buka Penyelenggaraan Haji 2022
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka optimistis Arab Saudi buka penyelenggaraan haji 2022. Ini alasannya. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka menangkap sinyal positif terkait penyelenggaraan haji 2022. Dia percaya pemerintah Arab Saudi akan membuka pintu bagi jemaah dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

"Saya optimistis keberangkatan haji Indonesia itu tahun ini, insyaallah, akan bisa, akan berjalan," kata Diah saat dihubungi, Rabu (9/3).

Keyakinan politikus PDIP itu salah satunya karena Arab Saudi sudah membuka ibadah umrah 2022 sehingga haji pun bakal menyusul.

Hal itu berbeda pada 2021 ketika Arab Saudi tidak membuka pelaksanaan umrah. Negara beribu kota di Riyadh itu kemudian menutup ibadah haji pada tahun yang sama.

"Bercermin dari kebijakan umrah, saya optimistis, jemaah haji kita (RI, red) berangkat," tutur Diah.

Selain itu, Arab Saudi juga tidak menerapkan syarat ketat selama penyelenggaraan umrah 2022.

Jemaah yang datang ke negara kerajaan itu tidak diwajibkan menjalani karantina. Arab Saudi juga tidak mewajibkan pendatang menunjukkan hasil swab PCR Covid-19.

"Kalau saya, sih, melihat indikator saja, ya. Umrah itu, kan, berjalan. Syaratnya juga makin berkurang. Syarat-syarat menyangkut Covid-19 sekarang sudah bebas karantina," beber Diah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka optimistis Arab Saudi buka penyelenggaraan haji 2022. Ini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News