Ada Tugas Khusus dari Bu Mega untuk Mbak Risma demi Halau Corona

Ada Tugas Khusus dari Bu Mega untuk Mbak Risma demi Halau Corona
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP Tri Rismaharini. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengerahkan kader-kadernya yang menjadi kepala daerah untuk aktif menanggulangi wabah virus corona atau COVID-19. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu telah menugaskan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjadi koordinator sesama kepala daerah dari PDIP guna menanggulangi pandemi global tersebut.

"Ibu Tri Rismaharini ditugaskan secara khusus untuk mengoordinasikan pergerakan kepala daerah PDIP. Ibu Mega juga terus memimpin gotong royong nasional tiga pilar Partai tersebut secara langsung,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP melalui layanan pesan, Sabtu (21/3).

Selain itu, mantan Sekjen PDIP Pramono Anung yang kini menjadi menteri sekretaris kabinet juga tak luput dari tugas dari partai pemenang Pemilu 2019 itu. “Menseskab Pramono Anung mendapat tugas agar terus mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan penuh bagi para dokter, perawat dan seluruh tim medis yang benar-benar berdedikasi mengobati penderita COVID-19," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, PDIP meminta seluruh kadernya terus bergotong royong dengan melayani rakyat, khususnya dalam menyediakan hand sanitizer, masker, serta alat pengukur suhu tubuh. Menurut Hasto, sebelumnya DPP PDIP sudah mencetak brosur yang berisi informasi tentang virus corona dan cara mencegah penularannya.

Megawati, kata Hasto, telah memerintahkan pencetakan brosur itu sebanyak tiga juta lembar. PDIP juga menyiapkan dapur umum bagi masyarakat kecil yang pencaharian mereka terpengaruh wabah COVID-19.

“Partai memfasilitasi dengan pemberian jamu tradisional, telur dan sosialisasi Covid-19. Dapur umum juga dipersiapkan untuk membantu rakyat kecil yang selama ini mendapatkan upah harian," kaya dia.

Hasto menambahkan, PDIP juga mendorong kader-kadernya di parlemen mengusahakan realokasi APBD untuk pencegahan COVID-19, termasuk menyiapkan jejaring pengaman sosial bagi rakyat yang selama ini berpenghasilan harian. “Partai juga membantu menciptakan suasana agar rakyat tidak panik, dan pemerintah terus melakukan tindakan pencegahan termasuk bekerja sama dengan negara lain," kata dia.

Menurut Hasto, apa yang terjadi saat ini juga mengajarkan betapa pentingnya membangun semangat berdikari, khususnya dalam kesehatan. “Kesehatan masyarakat sangatlah penting. Seluruh kepala daerah partai wajib melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan jamu sehat, vitamin dan jaringan pengaman sosial, serta memerkuat seluruh tim medis untuk membantu rakyat," kata Hasto.(tan/jpnn)

PDIP mengerahkan kader-kadernya yang menjadi kepala daerah, termasuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk aktif menanggulangi wabah virus corona atau COVID-19.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News