Ada Usulan Pembentukan Lembaga Baru Tangani Pandemi, Setuju?

Ada Usulan Pembentukan Lembaga Baru Tangani Pandemi, Setuju?
Ilustrasi - Tangkapan layar Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Tarigan. Aliansi Ilmuwan Indonesian mengusulkan pembentukan lembaga baru untuk penanganan pandemi, Rabu (1/9/2021). ANTARA/Muhammad Jasuma Fadholi

jpnn.com, JAKARTA - Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi mengusulkan agar pemerintah membentuk lembaga baru untuk menangani pandemi, di antaranya COVID-19.

Hal tersebut disampaikan pada diskusi publik virtual bertajuk "Skenario Pasca Pandemi" yang digelar Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi, Rabu (1/9).

Lembaga baru diharapkan nantinya lepas dari domain kementerian dan dijalankan oleh sekelompok teknokrat kompeten dan independen serta bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Menanggapi hal tersebut Deputi II Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Abetnego Tarigan mengatakan pemerintah menyikapinya dengan penuh kehati-hatian.

"Pembentukan kelembagaan baru sangat hati-hati disikapi oleh pemerintah saat ini," ujar Abetnego dalam diskusi tersebut.

Aliansi Ilmuwan Indonesia sebelumnya mengharapkan adanya lembaga baru, di mana dalam jangka panjang, menjadi embrio bagi badan nasional pengendalian wabah penyakit.

Lembaga ini nantinya diharapkan berfungsi seperti Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat.

Terkait hal tersebut, Abetnego menyebut bahwa mendirikan lembaga baru juga menjadi tantangan tersendiri, terutama dalam meletakkannya di antara kelembagaan yang sudah ada.

Aliansi Ilmuwan Indonesia mengusulkan pemerintah membentuk lembaga baru untuk mengangani pandemi COVID-19.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News