Ada Virus Misterius China, Menkes Terawan Siaga

Ada Virus Misterius China, Menkes Terawan Siaga
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/1). Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyiagakan tim di pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan guna mengantisipasi masuknya virus misterius China (Tiongkok).

"Kami sudah mulai gerakkan, untuk kewaspadaan. Semua pintu-pintu masuk, baik bandara maupun pelabuhan sudah siaga semua. Mereka menggunakan termo scan, alat-alat detektor dan sebagainya," kata Terawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/1).

Kesiagaan ini menurutnya dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus misterius yang sekarang baru merebak di Wuhan, salah satu kota di Tiongkok. Bahkan baru-baru ini ada kabar penyebarannya sudah ditemukan di Thailand.

"Sekarang (virusnya) ketemu lagi di Thailand. Kami sudah mewaspadai dan sudah dilakukan geladi, antisipasi kalau ada kejadian, apa yang harus dilakukan, semua sedang memegang SOP," jelas mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini.

Menteri yang juga pakar cuci otak ini berharap virus tersebut tidak sampai menyebar ke Indonesia. Kalau ditemukan, sejumlah rumah sakit yang memiliki ruang isolasi telah dipersiapkan.

"Kan ada rumah sakit khusus yang punya ruang ruang isolasi. Kami akan gunakan. Semua akan kami dorong tenaga-tenaga untuk melakukan pencegahan adanya wabah. Kami sudah siagakan semua," tandasnya. (fat/jpnn)

Konon virus misterius China ini penyebarannya sudah ditemukan di Thailand baru-baru ini.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News