Adem Sejak 2006, Israel Kembali Waspadai Ancaman Hizbullah

Adem Sejak 2006, Israel Kembali Waspadai Ancaman Hizbullah
Tentara Israel. Foto: AFP

jpnn.com, TEL AVIV - Alat-alat berat mengeruk tanah di Kota Metula. Kota di ujung utara Israel itu berbatasan langsung dengan Lebanon. Namun, Israel tidak sedang membangun di sana. Sebaliknya, Israel justru tengah melacak terowongan-terowongan rahasia di perbatasan untuk menghancurkannya.

Aksi pemusnahan terowongan-terowongan milik Hizbullah tersebut bernama Operation Northern Shield. Sejak Senin (3/12), Israel melakukan penggalian di perbatasan. Konon, terowongan-terowongan itu bermula dari sisi Lebanon.

Namun, Israel tidak mau repot-repot menghancurkan terowongan tersebut dari titik pembangunan awal. Israel memilih untuk menghancurkan bagian terowongan yang masuk wilayahnya.

''Beberapa waktu lalu, IDF (Israel Defense Forces) menemukan terowongan yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Israel dari kawasan Kafr Kela, Lebanon,'' ujar Jubir IDF Letkol Jonathan Conricus sebagaimana dilansir Israel National News, Selasa(4/12). Dia yakin Hizbullah membangun terowongan tersebut dengan bantuan Iran. Tepatnya bantuan finansial.

Sejauh ini IDF berhasil menghancurkan satu terowongan. Setelah terdeteksi lewat penggalian dengan alat berat, terowongan itu langsung dirusak. Selain alat berat, IDF memanfaatkan peledak untuk merobohkan dinding dan atap terowongan.

Reuters melaporkan, terowongan yang dihancurkan Israel tersebut masih baru. Bahkan, tidak ada tanda-tanda pernah dipakai sebelumnya. Namun, IDF yakin terowongan itu menjadi bagian dari skenario serangan Hizbullah terhadap Israel.

IDF belum bisa memastikan jumlah terowongan Hizbullah di perbatasan dua negara. Namun, penemuan satu terowongan yang kini telah dihancurkan tersebut membuat militer Israel itu yakin dugaan mereka benar. Yakni, Hizbullah sedang merancang serangan ke wilayahnya.

IDF menyatakan, operasi pemusnahan terowongan oleh militer Israel itu terjadi di wilayahnya. Di seberangnya, Lebanon adem ayem. Tidak ada aktivitas berarti di sisi Kafr Kela.

Israel tengah melacak terowongan-terowongan rahasia di perbatasan Lebanon untuk menghancurkannya. Terowongan tersebut milik Hizbullah

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News