Adik Prabowo Usulkan Hari Libur bagi Satwa Ragunan

Adik Prabowo Usulkan Hari Libur bagi Satwa Ragunan
Adik Prabowo Usulkan Hari Libur bagi Satwa Ragunan

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menilai hewan-hewan di kebun binatang milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga butuh hari libur. Karenanya, Dewan Pengawas TMR pun mengusulkan kepada Pemprov DKI untuk menutup kebun binatang di Jakarta Selatan itu selama sehari dalam setiap minggu.

"Dewan Pengawas menugaskan pengelola TMR untuk menentukan hari libur bagi satwa setiap hari Senin di setiap minggunya," kata Ketua Dewan Pengawas TMR, Hashim Djojohadikusumo melalui keterangan persnya, Selasa (12/11).

Menurut Hashim, penutupan TMR selama sehari dalam sepekan juga akan meningkatkan kesejahteraan satwa-satwa koleksinya. Pasalnya, selama satu hari penuh hewan-hewan di TMR bisa beristirahat tenang dan terbebas dari berbagai potensi gangguan yang dapat disebabkan oleh aktivitas pengunjung.

Usulan ini sejalan dengan mandat dari Gubernur Joko Widodo bahwa fungsi utama TMR adalah sebagai lembaga konservasi hewan. Sebelumnya, gubernur yang dikenal dengan nama Jokowi itu meminta agar aspek konservasi didahulukan daripada aspek edukasi dan hiburan.

Merespon hal itu, Hashim menegaskan bahwa hewan-hewan di TMR pun harus sejahtera. "Untuk kepentingan konservasi satwa, maka kesejahteraan satwa adalah sebuah keharusan,” ujar Hashim.

Adik mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto itu menambahkan, hari libur kunjungan juga memberikan kesempatan bagi pengelola untuk melakukan berbagai aktivitas terkait perbaikan pelayanan publik. Di antaranya, pemeliharaan fasilitas serta pelatihan sumber daya.

“Apabila TMR ingin dikembangkan menjadi sebuah taman margasatwa yang bertaraf internasional, tak ada pilihan lain, tahap demi tahap harus berusaha memenuhi persyaratan yang diakui secara internasional," tandas politisi Partai Gerindra ini.(dil/jpnn)


JAKARTA - Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan (TMR) menilai hewan-hewan di kebun binatang milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI juga butuh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News