AEI Gandeng Space4Good untuk Dapatkan Informasi Kebakaran Hutan & Pembalakan Liar

AEI Gandeng Space4Good untuk Dapatkan Informasi Kebakaran Hutan & Pembalakan Liar
Wisnu Wardhana perwakilan dari Data Center and GIS Officer AEI. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Arsari Enviro Industri (AEI) menggandeng Space4Good perusahaan penginderaan jauh dari satelit yang berasal dari Belanda.

Bekerja sama sejak Oktober 2019, di antaranya bisa turut andil memberikan informasi kepada pemerintah dengan adanya potensi kebakaran hutan dan pembalakan liar di areal hutan ITCI Kartika Utama (ITCIKU) Kalimantan Timur mulai perbatasan Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Barat (Kubar), Kutai Kartanegara (Kukar), dan Kutai Timur (Kutim).

"Jika foto satelit menemukan atau mendeteksi potensi tersebut nanti hasilnya kami laporkan ke Kementerian LHK, untuk menjadi bahan rekomendasi dan pertimbangan,” kata Wisnu Wardhana perwakilan dari Data Center and GIS Officer AEI, Kamis (23/11).

Selain itu, dari hasil foto satelit tersebut menemukan dugaan kegiatan penyerobotan hutan yang terjadi di areal konsesi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT ITCIKU Areal hutan seluas 40 hektare di Desa Muara Gusik, Kecamatan Bongan, Kutai Barat disinyalir diserobot oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan menggunakan kayu yang menjadi bagian dari produksi PT ITCIKU untuk membangun rumah di areal konsesi itu.

Wisnu mengatakan persoalan ini telah dilaporkan kepada Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). “Kami masih menunggu hasilnya," ujarnya.

Wisnu juga menjelaskan dari kegiatan foto udara yang dilakukan, ditemukan pola masyarakat yang sama.

Di mana modus dengan membuka lahan di areal HPH PT ITCIKU yang ada di Desa Muara Gusik, Kecamatan Bongan, Kubar itu yang dilakukan secara acak dan menyebar.

Arsari Enviro Industri bekerja sama dengan Space4Good untuk bisa melacak kebakaran hutan dan pembalakan liar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News