Pemprov Sumsel Kirim 3 Ekskavator untuk Tanggulangi Karhutla di OKI

Pemprov Sumsel Kirim 3 Ekskavator untuk Tanggulangi Karhutla di OKI
Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Alberutus Rachmad Wibowo saat berkunjung ke Markas Manggala Agni Daops Sumatera XVII OKI. Foto: Humas Polda Sumsel.

jpnn.com - PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan berupa tiga ekskavator untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Penjabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan bahwa tiga ekskavator tersebut untuk memperkuat Tim Manggala Agni Daops Sumatera XVII OKI. 

"Masing-masing ekskavator tersebut akan dikirim dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel sebanyak satu unit, yang akan digunakan untuk membangun sekat bakar, dan dua unit akan dikirim oleh dinas PSDA Provinsi Sumsel untuk normalisasi kanal yang akan dialiri air yang dipompa dari Sungai Komering ke lokasi titik api sepanjang 18 kilometer," kata Agus, Kamis (2/11).

Selain mengirim ekskavator, Pemprov melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel juga akan meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memperpanjang masa kerja tim teknologi modifikasi cuaca (TMC).

"Masa kerja TMC habis pada pada tanggal 4 November ini, dan kami akan meminta diperpanjang, mengingat kebakaran di daerah OKI yang makin meluas," ungkap Agus.

Kepala PPI Manggala Agni Sumatera Daops XVII Sumatera Ferdian Krisnanto menuturkan cuaca panas akibat El Nino berkepanjangan menyebabkan kekeringan, sehingga tim penanggulangan karhutla Provinsi Sumsel kesulitan mendapatkan air. 

"Untuk itu perlunya penekanan kepada masyarakat agar berhenti membakar lahan, karena upaya modifikasi cuaca melalui hujan buatan sangat kecil tingkat keberhasilannya," tutur Ferdian.

"Bilamana tidak terbentuk awan hujan, sedangkan terbentuknya awan ini membutuhkan penguapan air atau evaporasi, dan evaporasi tidak bisa terjadi bilamana udara dipenuhi asap karhutla," lanjut Ferdian. (mcr35/jpnn)

Pemprov Sumsel memberikan bantuan berupa tiga ekskavator untuk menanggulangi karhutla di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News