Afni Z Konsisten Mengedukasi Masyarakat Riau Soal Lingkungan

Afni Z Konsisten Mengedukasi Masyarakat Riau Soal Lingkungan
Secara konsisten, Afni Z melakukan pendampingan dan mengedukasi masyarakat Riau, soal lingkungan. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Afni Z menjadi sosok inspiratif. Dia menjadi tenaga ahli menteri termuda di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yakni di usia 30 tahun.

Meski menjadi staf ahii, perempuan kelahiran 28 Juni 1985, memilih sering berada di Riau, untuk aktif menyelesaikan persoalan rakyat di kampung halamannya itu.

Dia turun langsung mealkukan pendampingan dan menjembatani berbagai kepentingan masyarakat yang berkaitan dengan lingkup kerjanya di KLHK.

Perempuan berpenampilan sederhana ini bisa berhari-hari melakukan pendampingan bagi masyarakat yang tinggal di dalam atau sekitar kawasan hutan.

Karakternya enggan memberi janji, tetapi menghadirkan optimisme dengan pendampingan tiada henti. Secara konsisten, dia membawa berbagai program nasional sampai ke tingkat tapak.

Adapun program itu, seperti Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Kebun Bibit Desa, Kebun Bibit Rakyat, Program Mangrove, dan program Kampung Ikim.

Afni Z juga ikut terlibat langsung mengawal kebijakan 'Kerja Bareng Jemput Bola' (Jareng Jebol) yang digagas Menteri LHK Siti Nurbaya untuk distribusi Perhutanan Sosial, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA).

Perjuangan hak masyarakat adat untuk dapat segera masuk dalam peta indikatif Wilayah Hutan Adat atau Wilha, juga menjadi salah satu konsentrasinya.

Secara konsisten, Afni Z melakukan pendampingan dan mengedukasi masyarakat Riau, soal lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News