Afrika Selatan Jajaki Kerja Sama Hukum dengan Indonesia

Afrika Selatan Jajaki Kerja Sama Hukum dengan Indonesia
Presiden Joko Widodo menyalami Salman al-Farisi sebagai Duta Besar Indonesia Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Afrika Selatan di Istana Jakarta, Rabu (2/5). Foto Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PRETORIA - Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan Mogoeng Mogoeng menyambut baik peluang kerja sama di bidang hukum dengan Indonesia, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Jumat.

Peluang kerja sama hukum antara Indonesia dan Afrika Selatan itu dibahas saat Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan Mogoeng Mogoeng bertemu dengan Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi pada 28 Agustus 2019 di Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan di Johannesburg.

"Rakyat mendambakan harapan, mereka menginginkan kebenaran," ujar Hakim Mogoeng saat menyampaikan suara nurani rakyat Afrika Selatan.

BACA JUGA: Salman Mengutamakan Diplomasi Ekonomi di Afrika Selatan

Lebih lanjut, Hakim Mogoeng menjelaskan bahwa kondisi dalam negeri Afrika Selatan telah berkembang pesat dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan masa rezim apartheid berkuasa.

Menurut dia, pesatnya pembangunan telah menumbuhkan harapan dalam tiap diri masyarakat Afrika Selatan akan kehidupan yang jauh lebih baik.

Untuk itu, kata dia, sistem hukum harus kredibel dan perlu ditegakkan agar sejalan dengan pembangunan.

Hakim Mogoeng mengaku bahwa pihaknya meminta kepada masyarakat Afrika Selatan untuk melaporkan para penegak hukum yang terlibat korupsi dan penyuapan kepada pihak berwenang agar dapat ditindak dengan tegas.

Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan Mogoeng Mogoeng menyambut baik peluang kerja sama di bidang hukum dengan Indonesia,

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News