JPNN.com

Afrika Selatan Jajaki Kerja Sama Hukum dengan Indonesia

Sabtu, 31 Agustus 2019 – 06:19 WIB Afrika Selatan Jajaki Kerja Sama Hukum dengan Indonesia - JPNN.com

jpnn.com, PRETORIA - Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan Mogoeng Mogoeng menyambut baik peluang kerja sama di bidang hukum dengan Indonesia, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Jumat.

Peluang kerja sama hukum antara Indonesia dan Afrika Selatan itu dibahas saat Ketua Mahkamah Agung Afrika Selatan Mogoeng Mogoeng bertemu dengan Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi pada 28 Agustus 2019 di Mahkamah Konstitusi Afrika Selatan di Johannesburg.

"Rakyat mendambakan harapan, mereka menginginkan kebenaran," ujar Hakim Mogoeng saat menyampaikan suara nurani rakyat Afrika Selatan.

BACA JUGA: Salman Mengutamakan Diplomasi Ekonomi di Afrika Selatan

Lebih lanjut, Hakim Mogoeng menjelaskan bahwa kondisi dalam negeri Afrika Selatan telah berkembang pesat dan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan masa rezim apartheid berkuasa.

Menurut dia, pesatnya pembangunan telah menumbuhkan harapan dalam tiap diri masyarakat Afrika Selatan akan kehidupan yang jauh lebih baik.

Untuk itu, kata dia, sistem hukum harus kredibel dan perlu ditegakkan agar sejalan dengan pembangunan.

Hakim Mogoeng mengaku bahwa pihaknya meminta kepada masyarakat Afrika Selatan untuk melaporkan para penegak hukum yang terlibat korupsi dan penyuapan kepada pihak berwenang agar dapat ditindak dengan tegas.

Pada kesempatan itu, Dubes Salman menyampaikan bahwa penegakan hukum merupakan tantangan besar bagi demokrasi.

Dubes RI menyebutkan bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ke empat di dunia saat ini sedang berupaya meningkatkan integritas sistem hukum, salah satunya dengan pemberantasan tindak korupsi.

Pertemuan tersebut dimaksudkan sebagai sarana pertukaran pandangan yang sekaligus digunakan oleh Dubes RI Salman Al Farisi untuk menyampaikan undangan dari Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Anwar Usman, kepada Hakim Mogoeng untuk menghadiri acara "The 1st International Expert Meeting" yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 20–22 September 2019.

Acara "The 1st International Expert Meeting" merupakan peluang yang baik bagi Afrika Selatan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang hukum.

Hakim Mogoeng menyambut baik ajakan Dubes RI untuk berpartisipasi dalam mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan dengan meningkatkan hubungan kedua negara di bidang hukum melalui berbagai kerja sama teknis maupun pertukaran pengalaman. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...