Agar Kompetitif, Harus Ada Prioritas di Sektor Industri

Agar Kompetitif, Harus Ada Prioritas di Sektor Industri
Ilustrasi Foto: JPNN

jpnn.com - BOGOR – Industri diharapkan bisa menjadi pendorong roda perekonomian Indonesia. Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) adalah salah satu pihak yang mendorong terciptanya hal itu.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengungkapkan, pihaknya merekomendasikan peta jalan pengembangan sektor industri prioritas nasional yang mencakup agribisnis, maritim, kreatif, dan pariwisata.

’’Harus ada prioritas agar industri bisa kompetitif di dalam negeri dan bisa menjadi pemain di pasar global,’’ ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

Menurut dia, saat ini belum ada strategi pengembangan industri di tanah air. Padahal, lanjut dia, semestinya harus ada sektor-sektor industri prioritas yang fokus terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia.

”Jangan sampai kami mendorong satu industri. Semua tenaga kami dicurahkan. Tapi, yang menikmati hanya segelintir orang. Padahal, kebanyakan sumber daya manusia adalah lulusan sekolah dasar atau sekolah menengah pertama dan tinggal di daerah,” tuturnya.

Soetrisno melanjutkan, jika industri mulai tergerus, perekonomian ikut melemah. Dia menambahkan, setelah reformasi, terdapat dorongan akses yang lebih terbuka antarnegara di dunia.

Namun, keterbukaan tersebut mendorong kehadiran barang-barang luar negeri yang masuk Indonesia. Karena itu, maraknya barang ilegal dari luar negeri bisa melemahkan industri nasional.

’’Ditambah, penyelundupan ada di mana-mana. Tidak kena pajak. Matilah industri, ekonomi kita,” ungkapnya.

BOGOR – Industri diharapkan bisa menjadi pendorong roda perekonomian Indonesia. Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) adalah salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News