Agar Lulusan Tak Menganggur, Kampus Arahkan Jadi Entrepreneur

Agar Lulusan Tak Menganggur, Kampus Arahkan Jadi Entrepreneur
Agar Lulusan Tak Menganggur, Kampus Arahkan Jadi Entrepreneur

SURABAYA - Kalangan perguruan tinggi menyikapi berbeda terhadap fenomena banyaknya sarjana lulusan manajemen yang belum bekerja di Surabaya. Ada kampus yang memangkas, tetap mempertahankan, bahkan menambah jumlah kuota mahasiswa jurusan manajemen.

Mahasiswa manajemen juga diarahkan menjadi wirausahawan yang menciptakan lapangan kerja, bukan pencari kerja. 

Ketua Departemen Manajemen FEB Unair Sri Gunawan menyatakan, fakultasnya pikir-pikir untuk menambah kuota mahasiswa baru. "Sarjana manajemen nganggur itu fenomena. Bahkan, sampai sekarang. Itu kami pikirkan," ujar Sri Gunawan. 

Laki-laki yang juga ketua Forum Manajemen Indonesia itu mengungkapkan, setiap tahun akademik Unair membuka 280 kursi untuk manajemen. Kuota tersebut dipertahankan. Unair juga akan fokus mengarahkan mahasiswa menjadi wirausahawan. Sebab, lulusan manajemen tidak mungkin langsung jadi manajer. Selalu ada tahapannya. "Ini masih kami pikirkan. Selama ini mahasiswa yang sibuk bisnis kuliahnya molor. Harus dicarikan solusinya," kata dia.

SURABAYA - Kalangan perguruan tinggi menyikapi berbeda terhadap fenomena banyaknya sarjana lulusan manajemen yang belum bekerja di Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News