Agus: Australia Merobek Hati Indonesia

Agus: Australia Merobek Hati Indonesia
Tentara Nasional Indonesia dalam sebuah unjuk keterampilan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengecam tindakan Australian Defence Force (ADF) yang diduga telah melecehkan Pancasila sebagai lambang negara.

Dia mendukung penuh keputusan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghentikan untuk sementara kerja sama militer dengan ADF.

"Saya setuju dan mendukung sekali keputusan TNI, karena Australia sudah merobek hati Indonesia. Ini merupakan kelalaian pemerintah Australia," kata Agus melalui sambungan telepon, Kamis (5/1).

Politikus Partai Demokrat itu menyatakan bahwa Indonesia adalah negara besar dan memiliki harga diri. Bila Australia tidak menghargainya, patut dipertimbangkan untuk mengevalusasi kerja sama kedua negara dalam bidang apa pun.

"Kalau bangsa lain tidak menghargai kita, tidak usah kerja sama dalam bidang apa pun," tegasnya.

Saat ditanya apakah penghentian kerja sama militer dengan ADF akan berdampak negatif terhadap TNI, anak buah Susilo Bambang Yudhoyono di Demokrat ini menilai tidak memengaruhi kemampuan TNI.

"Kita bersahabat dengan banyak negara bahkan hampir dengan seluruh negara di dunia. Keputusan ini tidak mengganggu kemampuan TNI, termasuk latihan-latihan. Saya sangat dukung dihentikan sementara dan berfikir seperti apa langkah selanjutnya," pungkas Agus.


JPNN.com - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengecam tindakan Australian Defence Force (ADF) yang diduga telah melecehkan Pancasila sebagai lambang


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News