Agus Suparmanto Diminta Lanjutkan Keberhasilan Enggartiasto

Agus Suparmanto Diminta Lanjutkan Keberhasilan Enggartiasto
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto : Wahyu Putro A/foc./Antara

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan Enggartiasto Lukita dalam memajukan perdagangan Indonesia harus dilanjutkan oleh Menteri Perdagangan yang baru yaitu Agus Suparmanto.

Di periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah membuka sejumlah jalur perjanjian perdagangan internasional serta menjaga stabilitas pangan.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA) Yenny Sucipto.

Dia menilai Enggar telah membuka pintu internasional untuk Indonesia. Menurut dia, Indonesia punya posisi tawar di mata perdagangan internasional.

"Sudah baik dilakukan menteri Enggar. Tinggal analisis kontalasi di tingkat internasional. Harus meningkatkan bargaining, jangan menjadi bagian yang pasif. Harus memiliki bargain kuat dalam perdagangan internasional," kata Yenny di Jakarta.

Yenny melanjutkan, pemerintah di periode kedua Jokowi harus tetap memperhatikan daya saing Indonesia yang masih lemah.

Karena bentuk persyaratannya terlalu mudah, level Indonesia kalah dengan negara lain seperti perjanjian antarpemerintah memberikan kebutuhan persyaratan untuk Indonesia.

Menteri perdagangan selanjutnya, kata dia, juga harus meniru yang telah dicapai oleh Enggar. Seperti menjaga stabilitas harga pangan. Kemudian, jalur perdagangan internasional yang telah dibuka harus terus dijaga kelanjutannya.

Agus Suparmanto dipilih Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Enggartiasto Lukita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News