Agustus, Semua Penerbangan Internasional Pindah ke T3

Agustus, Semua Penerbangan Internasional Pindah ke T3
Garuda Indonesia. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Delapan maskapai penerbangan yang tergabung dalam SkyTeam, masuk kloter pertama yang dipindahkan dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Garuda Indonesia kemarin (1/5) menjadi maskapai pertama yang menjajal take off dan landing di terminal dengan kapasitas 25 juta penumpang per tahun itu.

”Mudah-mudahan bisa dipindahkan dengan cepat. Jadi, Juni kami akan mereposisi mereka semua (SkyTeam) dari terminal 2 ke terminal 3,” ujar Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin tadi malam.

Selain itu, masih ada 24 maskapai internasional yang dipindahkan pada tahap selanjutnya yang diperkirakan pada Juli. ”Pada Agustus kita harapkan semua maskapai internasional sudah pindah ke T3,” ujar dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, terminal 3 itu punya banyak manfaat yang menunjang transportasi internasional.

Selain itu, berdampak pada peningkatan turis mancanegara. ”Itu akan menaikkan porsi menjadi 40 persen internasional,” ujar dia.

Dengan makin banyak penerbangan internasional, lanjut dia, otomatis pertumbuhan sektor pariwisata bisa terpacu. Itu berarti menaikkan pendapatan dalam negeri.

”Jadi, terminal 3 ini bagian dari menciptakan kemandirian ekonomi bangsa,” imbuhnya. (jun/c10/oki)


Delapan maskapai penerbangan yang tergabung dalam SkyTeam, masuk kloter pertama yang dipindahkan dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News