Ahli Epidemiologi Ini Berbagi Cara Agar Terhindar dari Omicron

Ahli Epidemiologi Ini Berbagi Cara Agar Terhindar dari Omicron
Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman berbagi cara agar terhindar dari penularan Covid-19, termasuk varian Omicron. Foto Ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman memberikan tips untuk mencegah penularan Covid-19 varian Omicron.

Menurut Dicky, keberhasilan pengendalian pandemi Covid-19 ditentukan oleh kecepatan, ketepatan, dan kekuatan respons awal.

Pengendalian itu juga harus dilaksanakan dengan konsisten serta dibangun dengan komunikasi risiko yang baik agar mendapat dukungan dari semua pihak.

"Sebagus apa pun strategi pengendalian, akan gagal atau tidak optimal jika minim dukungan dalam pelaksanaannya," kata Dicky, Senin (14/2).

Adapun tips pertama yang disampaikan Dicky untuk mencegah penularan varian Omicron ialah melakukan vaksinasi Covid-19, setidaknya dua dosis.

Kemudian, tips lainnya menggunakan masker tiga lapis atau masker N95.

Dia juga meminta masyarakat untuk membatasi mobilitas dan kontak fisik untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya varian Omicron.

Dalam beraktivitas, Dicky menyarankan masyarakat memprioritaskan kegiatan secara daring atau di luar ruangan.

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Dicky Budiman berbagi cara agar terhindar dari penularan Covid-19, termasuk varian Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News