Ahmad Basarah Ajak Mahasiswa USK Teladani Perjuangan Syuhada Bangsa

Ahmad Basarah Ajak Mahasiswa USK Teladani Perjuangan Syuhada Bangsa
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, ACEH - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengajak mahasiswa Universitas Syiah Kuala meneladani perjuangan para syuhada dan pendiri bangsa untuk menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air.

Di acara sosialisasi 4 Pilar MPR bertema 'Empat Pilar Kebangsaan dan Motivasi Civitas Akademika untuk Memperkokoh Semangat Persatuan Mewujudkan Pembangunan Nasional Emas tahun 2045' itu, Basarah menyebutkan kontribusi Aceh yang besar di era kemerdekaan.

"Mulai dari sumbangan pesawat Dakota R1-001 Seulawah, sumbangan emas dari saudagar Aceh untuk tugu Monas, hingga peranan penting tokoh Aceh Teuku Muhammad Hasan dalam fase pengesahan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang resmi PPKI pada 18 Agustus 1945," kata Basarah, Sabtu (9/10).

Doktor hukum lulusan Universitas Diponegoro itu mengatakan daya juang tinggi, berjiwa patriot dan cinta tanah air merupakan karakter khas dari masyarakat Aceh.

Bukti-bukti sejarah menunjukkan dengan jelas bagaimana perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda begitu sengit.

Tidak mengherankan jika banyak pahlawan nasional berasal dari Aceh, sebut saja Teuku Umar, Teuku Cik Ditiro, Panglima Polim, Cut Nyak Dien dan masih banyak lagi.

Periode selanjutnya adalah pada fase pengesahan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang PPKI.

Dalam babakan sejarah ini, tokoh Aceh bernama Teuku Muhammad Hasan memainkan peranan penting.

Perjuangan para syuhada dan pendiri bangsa hendaknya diteladani untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News