AHY Bicara Soal Isu Penundaan Pemilu 2024, Lalu Teringat Ucapan SBY

AHY Bicara Soal Isu Penundaan Pemilu 2024, Lalu Teringat Ucapan SBY
Dokumentasi - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membicarakan isu penunaan Pemilu 2024. Dia menyebut isu itu dimunculkan pihk yang berupaya mengkhianati konstitusi.

"Enggak ada angin enggak ada hujan, tiba-tiba sejumlah kalangan menyerukan dan menyuarakan wacana penundaan pemilu 2024," kata AHY dalam acara Malam Silaturahmi dan Kontemplasi di Hotal Sultan, Jakarta, Minggu (17/4).

Peraih Adhi Makayasa pada 2000 itu kemudian teringat pesan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY menyikapi isu penundaan pemilu. 

AHY mengaku SBY menyebut pemilu di Indonesia tidak boleh ditunda, bahkan hanya untuk satu hari. 

Sebab, katanya, penundaan pemilu sama saja upaya melanggengkan kekuasaan tanpa proses pemilihan langsung dari rakyat.

"Pak SBY mengingatkan, jangankan tiga tahun, satu hari saja ada upaya yang melanggengkan kekuasaan tanpa dipilih langsung rakyat, artinya tidak ada mandat dan legitimasi, sesungguhnya dia menabrak konstitusi," kata AHY.

Suami Annisa Pohan itu mengatakan sejumlah alasan yang dikemukakan beberapa pihak untuk menunda Pemilu 2024 harus ditolak. 

Termasuk, dengan alasan penundaan Pemilu 2024 bisa dilaksanakan asal ada amandemen terhadap konstitusi.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) teringat pesan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dalam menyikapi isu penundaan pemilu. Apa pesannya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News