Air tak Sehat Picu Kerusakan Organ Tubuh

Air tak Sehat Picu Kerusakan Organ Tubuh
Air tak Sehat Picu Kerusakan Organ Tubuh
BANDARLAMPUNG – Mengonsumsi air yang tidak sehat dalam waktu lama bisa merusak organ tubuh. Utamanya dapat meracuni organ ginjal dan jantung. Paling ringan, manusia dapat terkena diare jika air yang diminumnya tidak sehat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Lampung dr. Hernowo Wasono Anggoro, M.Kes. mengatakan, air putih yang dikonsumsi harus memenuhi syarat kesehatan.

"Air yang tidak memenuhi syarat kesehatan mengandung bakteri melebihi batas yang ditoleransi dan mengandung zat kimia melewati batas tertentu. Ini merugikan karena dapat menyebabkan diare hingga keracunan organ dalam tubuh,” ujar Hernowo.

Dia menjelaskan, air atau cairan H2O memang mutlak diperlukan oleh tubuh. Ini untuk mengganti cairan dalam tubuh yang keluar melalui keringat, ludah, air kencing, dan air mata. Cairan tersebut harus diganti supaya keseimbangan tubuh terjaga.

Terkait maraknya depot-depot isi ulang air minum, Hernowo menyarankan masyarakat peduli dengan memeriksakan kadar air di rumah masing-masing melalui laboratorium kesehatan. Nantinya, laboratorium memberikan rekomendasi jika ditemukan kadar air yang tidak layak dikonsumsi tubuh.

BANDARLAMPUNG – Mengonsumsi air yang tidak sehat dalam waktu lama bisa merusak organ tubuh. Utamanya dapat meracuni organ ginjal dan jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News