Air Terjun Moramo, Keindahan Alam Mengaliri Puluhan Tingkatan

Air Terjun Moramo, Keindahan Alam Mengaliri Puluhan Tingkatan
Air Terjun Moramo, Keindahan Alam Mengaliri Puluhan Tingkatan. Alpin Basri/Rakyat Sultra/JPNN.com

jpnn.com - MENYAMBANGI lokasi Air Terjun Moramo menjadi perjalanan wisata yang berkesan. Saya datang dengan 15 orang dari agensi iklan Jakarta yang baru kali pertama ke Sulawesi Tenggara.

Air Terjun Moramo dipilih karena dianggap sebagai sebuah kreasi alam yang unik di sebuah gunung di Desa Sumber Sari, Moramo. Mereka ingin melihat wujud air terjun dari ketinggian 100 meter tersebut dengan lebih dari 60 tingkatan kecil dan tujuh tingkatan besar yang sering dibicarakan orang itu.

Untuk sampai di tujuan, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari Kendari, ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan menggunakan kendaraan roda empat. Di sepanjang jalan mata juga dimanjakan dengan jejeran pohon buah, antara lain rambutan dan langsat, milik petani Desa Sumber Sari.

Perjalanan berakhir di sebuah kaki gunung dengan hutan suaka alam. Nah, guna mencapai puncak air terjun, wisatawan harus berjalan kaki dan mendaki beberapa bukit sekitar 1 kilometer.

Jarak yang dianggap tidak pendek dan lelah itu akhirnya terpuaskan dengan gemuruh air terjun yang indah. Sebuah kolam dari sebuah undakan dipilih untuk lokasi berendam.

’’Luar biasa. Ini salah satu air terjun terbaik yang pernah saya datangi. Air terjun ini unik karena terdiri atas beberapa tingkatan dan terbentuk alami,’’ ungkap salah seorang anggota rombongan, Andi Syamsuri.

Pengunjung lain, Didi Kardiman, pun kagum dengan kondisi salah satu pusat wisata Sultra itu. Bagi dia, air terjun tersebut memiliki kualitas yang sangat baik.

Hanya, menurut Didi, perhatian yang lebih maksimal dibutuhkan dari pengelola ataupun pemerintah agar pengunjung terus betah di tempat tersebut. Memang, beberapa fasilitasn tidak lagi memadai.

MENYAMBANGI lokasi Air Terjun Moramo menjadi perjalanan wisata yang berkesan. Saya datang dengan 15 orang dari agensi iklan Jakarta yang baru kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News