Airin Ingin Pemenang ISoC 2016 Mengimplementasikan Idenya di Tangsel

Airin Ingin Pemenang ISoC 2016 Mengimplementasikan Idenya di Tangsel
Pemenang ISoC 2016 pose bareng dengan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. Foto: ISoC

jpnn.com - TANGERANG - Rangkaian acara Indonesia Sociopreneur Challenge (ISoC) 2016 akhirnya mencapai puncaknya dalam gala dinner yang digelar di Damai Indah Golf, BSD, Tangerang, Jumat (25/11) kemarin.

Dalam acara tersebut, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany memberikan sambutan dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang ISoC 2016.

ISoC adalah kompetisi berskala internasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Technopreneurship Surya University, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan. 

Di tahun kedua ini, ISoC kembali mengambil tema “Waste Around Us” untuk menjawab permasalahan sampah di Indonesia, khususnya di daerah Tangerang Selatan. 

Ada tiga kategori lomba yang dapat diikuti peserta, yaitu Applied Technology, Apps, dan Educational Campaign. Untuk kategori Applied Technology dan Apps terdapat dua tahap yang terdiri dari ide (idea stage) dan start-up (start-up stage), sedangkan untuk Educational Campaign dibagi menjadi dua kriteria, yaitu Pelitas dan Non Pelitas. Perusahaan yang berusia kurang dari dua tahun dan telah melakukan pilot project terhadap idenya dapat mengikuti tahap start-up. 

Berbagai peserta dari seluruh dunia yang berusia minimal 18 tahun mengikuti ISoC 2016. Ada 102 tim peserta yang mendaftar dengan jumlah terbanyak berasal dari Indonesia. Sisanya berasal dari India, Jepang, Kazakhstan, New Zealand, Pakistan, Filipina, Rwanda, Afrika Selatan, dan Tanzania. 

Setelah proses seleksi yang dilakukan oleh para juri internasional yang ahli di bidangnya masing-masing, diperoleh sebelas finalis ISoC 2016. Para finalis tersebut mengikuti Bootcamp (20-27 November 2016) di Hotel Santika, BSD. 

Para juri ISoC 2016 adalah Dessy Aliandrina, PhD (Head of Technopreneurship Department Surya University dan juga Founder SociopreneurID), Ir. M. Taher Rochmadi (Kepala Dinas DKPP, Tangerang Selatan), Prof. Josette Dijkhuizen (Professor of Entrepreneurship Development, MSM Netherlands), Dr. Holly Ritchie (Consultant and Researcher on Value Chain), Dr. Dudi Iskandar, MFor.Sc (Direktur Technopreneurship dan Kluster Industri BPPT), dr. Gamal Albinsaid, MD (CEO Indonesia Medika), Lukitasari Sunowo (Sutradara dan Filmmaker), dan Sartika Kurniali (IT Specialist dan Google Team). 

TANGERANG - Rangkaian acara Indonesia Sociopreneur Challenge (ISoC) 2016 akhirnya mencapai puncaknya dalam gala dinner yang digelar di Damai Indah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News