Airlangga Beberkan Empat Pilar Utama Kerangka Strategi Ekonomi Digital

Airlangga Beberkan Empat Pilar Utama Kerangka Strategi Ekonomi Digital
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan empat pilar utama dalam kerangka strategi ekonomi digital. Foto: Ricarodo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan empat pilar utama dalam kerangka strategi ekonomi digital.

Hal itu telah ditetapkan sesuai prioritas nasional dan program-program unggulan pemerintah.

Airlangga menyatakan, kerangka strategi ekonomi digital ini disusun melalui diskusi bersama kementerian/lembaga dan stakeholder lain agar mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif dengan optimalisasi di sektor digital.

"Strategi itu disusun memperhatikan kompleksitas dan keterkaitan kebijakan antarotoritas serta kebutuhan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah," kata dia dalam pembukaan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta Peluncuran Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, Senin (5/4).

Airlangga menyebutkan pilar pertama adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya talenta digital yang memiliki keterampilan dalam sains dan teknologi.

Pilar kedua ialah memperkuat infrastruktur digital dan infrastruktur fisik yang dibutuhkan untuk meningkatkan arus ekonomi serta menciptakan peluang kerja di kedua sektor tersebut.

"Pilar ketiga penyederhanaan berbagai birokrasi melalui kebijakan, aturan, dan standar yang mendukung dan mengurangi hambatan-hambatan inovasi," ujar dia.

Politikus Golkar itu mengatakan, pilar keempat ialah penelitian (research) dan inovasi digital yang diperlukan untuk menghasilkan nilai tambah industri dan mengurangi ketergantungan SDA.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan empat pilar utama dalam kerangka strategi ekonomi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News