Airlangga Gaungkan Antipolitik Uang, Pengamat: Benahi 4 Faktor Ini

Airlangga Gaungkan Antipolitik Uang, Pengamat: Benahi 4 Faktor Ini
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Partai Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan politik harus membawa kesejahteraan dan politik uang tidak baik untuk demokrasi.

Pengamat politik dari UIN Syahid Jakarta Ray Rangkuti mengatakan untuk menghilangkan politik uang maka perlu membenahi empat faktor ini.

“Adapun empat faktor dimaksud adalah mengnai sistem, penegakan hukum, kesejahteraan, dan budaya  termasuk cara pandang terhadap demokrasi,” tegas Ray Rangkuti, Selasa (6/12/2022).

Menurut Ray, ketika berbicara tentang kesejahteraan rakyat adalah satu faktor yang kemudian akan membuat masyarakat tidak lagi mengharapkan uang dari politik.

“Namun, harus muncul kesadaran bahwa politik uang berbahaya bagi demokrasi,” ujarnya.

Menurut Ray, kesejahteraan itu bagian penting dari pesta demokrasi dan program-program yang membawa kesejahteraan akan diusung oleh partainya.

“Yang perlu ditanyakan, apakah jalan menuju ke situ (kesejahteraan) akan mengikuti apa yang telah dicapai Golkar bersama Jokowi atau Golkar punya cara lain. Itu yang belum disebut Pak Airlangga,” ujar Ray yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) itu.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai pernyataan pemilu untuk kesejahteraan jangka panjang memang bagus, namun untuk mencapainya tidak mudah direalisasikan.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan politik harus membawa kesejahteraan dan politik uang tidak baik untuk demokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News