Airlangga Optimistis Perdesaan Mampu Mandiri Secara Ekonomi

Airlangga Optimistis Perdesaan Mampu Mandiri Secara Ekonomi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis daerah perdesaan mampu mandiri secara ekonomi. Demikian dikemukakannya saat berbincang dengan masyarakat Desa Rowodadi di Purworejo dan masyarakat Desa Kebonrejo di Kabupaten Magelang, Jumat (28/4). Foto: Ist.

jpnn.com - MAGELANG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis daerah perdesaan di Indonesia dapat mandiri secara ekonomi.

Dia mengatakan hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja, berbincang dengan masyarakat Desa Rowodadi di Purworejo dan masyarakat Desa Kebonrejo di Kabupaten Magelang, Jumat (28/4).

Airlangga berbincang dengan masyarakat untuk memastikan keberlangsungan pemulihan perekonomian di daerah perdesaan pascapandemi, termasuk melalui dorongan peningkatan transaksi ekonomi selama momentum Ramadan dan Idulfitri 2023.

Jumlah pemudik pada 2023 diperkirakan mencapai 123,8 juta orang dan menunjukkan peningkatan signifikan dari jumlah pemudik pada 2022.

Mobilitas masyarakat dalam skala besar tersebut tidak hanya memiliki dampak langsung bagi perekonomian nasional, juga mampu menggerakkan ekonomi di daerah tujuan mudik yang menjangkau hingga jauh ke daerah perdesaan.

Sejumlah hal mengemuka menjadi topik perbincangan dalam dialog antara Airlangga dengan masyarakat di dua desa.

Antara lain, upaya mengatasi permasalahan banjir, ketersediaan dan harga pupuk, penguatan ekonomi keluarga, harga gabah, bantuan program keluarga harapan, hingga pengelolaan sampah.

Kunjungan Airlangga juga diisi dengan pemberian santunan kepada anak yatim, penebaran bibit ikan, dan penanaman bibit buah-buahan.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis daerah perdesaan mampu mandiri secara ekonomi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News