Akademisi Ingatkan Pembangunan Harus Sejalan dengan Konservasi Lingkungan

Akademisi Ingatkan Pembangunan Harus Sejalan dengan Konservasi Lingkungan
Ketua DPP LDII sekaligus Guru Besar IPB, Sudarsono. Foto: dok, pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Institut Pertanian Bogor Sudarsono mendukung penuh upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melepas sejumlah satwa yang dilindungi kembali ke habitat aslinya.

“Kami menyambut baik langkah KLHK itu, pelepasan satwa yang dilindungi merupakan angin segar yang menggembirakan dan ditunggu-tunggu para pemerhati isu korservasi alam di Indonesia dan di dunia,” ujar Sudarsono dalam siaran persnya, Selasa (10/8).

Menurut salah satu Ketua DPP LDII itu, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah cara agar satwa yang dilindungi dan dilepasliarkan itu jadi lestari.

“Untuk itu perlu kerja sama yang baik antara semua pemangku kepentingan terkait,” ungkap Sudarsono.

Sebab, pembangunan yang dilaksanakan di berbagai negara termasuk Indonesia, kerap terjadi benturan antara memelihara alam atau pertumbuhan ekonomi.

“Keduanya bisa sejalan, bila semua pemangku kepentingan duduk bersama, sehingga pembangunan tak mengakibatkan kerusakan pada alam, sebagai wujud pembangunan berkelanjutan,” imbuh Sudarsono.

Gun Gun Hidayat selaku pemerhati masalah lingkungan dari Sekretariat Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM-KLHK mengatakan pentingnya mencari solusi atas konflik antara satwa liar dan manusia, akibat pembangunan ataupun pertambahan populasi manusia.

“Keberhasilan dalam mencari pemecahan dan resolusi konflik yang muncul akibat pelepasan satwa yang dilindungi menjadi keniscayaan untuk menjamin keberhasilan pelestariannya,” ujarnya.

Guru besar IPB mengingatkan bahwa pembangunan harus sejalan dengan konservasi lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News