Akan Diresmikan Jokowi, Silangit jadi Bandara Internasional

Akan Diresmikan Jokowi, Silangit jadi Bandara Internasional
Pesawat milik Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Silangit, Tapanuli Utara. Foto: Sumut Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, akan ditetapkan sebagai Bandara Internasional pada bulan Oktober 2017. Peresmian dijadwalkan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengungkapkan bahwa infrastruktur Silangit sudah layak untuk melayani rute internasional.

Saat ini, telah terbangun terminal dan apron berkapasitas 4 pesawat dengan landasan seluas 2.650 x 45 meter. “Rencananya akan diresmikan langsung oleh presiden,” kata Agus di Jakarta kemarin (11/10).

Agus menjelaskan, bahwa sebelumnya Silangit hanyalah sebuah bandara yang mampu melayani penerbangan perintis bersubsidi.

Saat ini sudah siap untuk menjadi bandara umum internasional. “Andalan penjualannya adalah keindahan wisata alam Danau Toba,” kata Agus.

Tahun lalu, Presiden Jokowi telah memerintahkan agar Garuda menerbangi rute komersioal non subsidi dari dan ke Bandara ini.

Saat itu hanya diterbangi penerbangan perintis bersubsidi dengan penumpang yang hanya 12 sampai 24 orang dengan pesawat ukuran kecil.

Silangit terus berkembang dengan didarati Pesawat ATR dengan kapasitas 72 penumpang, lalu pesawat CRJ dengan kapasitas 96 orang penumpang.

Infrastruktur Bandara Silangit dinyatakan sudah layak untuk melayani rute internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News