Bursa Cawapres

Akbar Tandjung Muncul Dalam Situasi yang Tepat

Akbar Tandjung Muncul Dalam Situasi yang Tepat
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Independen Nusantara, Yasin Muhammad menilai munculnya nama Akbar Tandjung dalam bursa pencalonan wakil presiden mengisyaratkan kebutuhan tampilnya tokoh berpengalaman baik dalam politik maupun pemerintahan untuk mendampingi Jokowi.

Kemunculan nama Akbar Tandjung ini, kata Yasin cukup tepat mengingat para ketua umum partai pendukung seperti berebut tiket cawapres guna mendampingi Jokowi. Jika situasinya buntu, Akbar bisa menjadi solusi alternatif. Akbar akan berfungsi sama seperti Jusuf Kalla saat ini, wapres yang berada di belakang kepemimpinan Jokowi.

“Kemampuan lobi dan jaringan yang sangat luas, pengalaman yang panjang, saya kira Akbar Tandjung dan Golkarnya, jadi solusi atas kebuntuan situasi. Terutama ketika ketua umum partai pendukung Jokowi, semuanya ingin menjadi cawapres,” ujar Yasin, Kamis (26/4) ketika memberikan tanggapan atas kemunculan nama Akbar Tandjung dalam survei Independent Data Survey (ISD).

Yasin menilai peran Akbar dalam konteks situasi perebutan cawapres saat ini bukan saja sebagai penengah, tetapi solusi bagi Jokowi. Peran ini, utamanya apabila terjadi kebuntuan atau deadlock, maka kemungkinan itu akan membuat Akbar malah menjadi pilihan utama Jokowi. Apalagi di Golkar, Akbar masih menjabat Wakil Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar. Posisi ini sangat penting.

Yasin mengatakan, sebagai politisi, Akbar sudah sangat dikenal figur yang mampu meredam konflik. Bahkan kepemimpinannya di Golkar mampu mengantarkan partai ini jadi pemenang Pemilu. Akbar berpengalaman di pemerintahan yang cukup lama serta pernah menjabat Ketua DPR. “Semua pengalaman ini sangat pas menjadi pendamping Jokowi,” katanya.

Diungkapkan Yasin, sampai saat ini Akbar masih aktif dan terus memberikan dharma baktinya baik bagi Partai Golkar maupun bagi pembangunan manusia Indonesia melalui serangkaian kegiatannya di berbagai daerah.

“Tanpa lelah, Akbar terus berbagi ilmu dan pengalaman, sampai ke kota kecamatan. Ini bisa ditiru tokoh lain,” katanya.

Posisi Strategis Golkar

Menurut Yasin, kemunculan nama Akbar Tandjung ini cukup tepat mengingat para ketua umum partai pendukung seperti berebut tiket cawapres guna mendampingi Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News