Akbar Bisa Jadi Solusi Kebuntuan Egoisme Ketum Parpol

Akbar Bisa Jadi Solusi Kebuntuan Egoisme Ketum Parpol
Akbar Tanjung. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika proses pencalonan presiden (capres) dan wakil presiden (wapres) terus bergerak. Nama politikus senior Golkar, Akbar Tandjung pun masuk bursa survei cawapres.

Selain Akbar, nama politikus senior lain muncul seperti Surya Paloh dan Wirando. Kemunculan Akbar Tandjung yang masih aktif di partai yang pernah dipimpinnya, dapat memberikan solusi jika terjadi kebuntuan dalam menentukan cawapres Jokowi

“Dengan kemampuan lobi dan jaringan yang sangat luas, pengalaman yang panjang, saya kira Akbar Tandjung dan Golkarnya, jadi solusi atas kebuntuan situasi. Terutama ketika ketua umum partai pendukung Jokowi, semuanya ingin menjadi cawapres,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Independen Nusantara, Yasin Muhammad, Kamis (26/4) ketika memberikan tanggapan atas kemunculan nama Akbar Tandjung dalam survei Independent Data Survey (IDS).

Kebuntuan situasi yang dimaksud Yasin, para ketua umum partai pendukung yang hampir semuanya menginginkan dipinang sebagai cawapres Jokowi, maka peran Akbar Tandjung yang kini menjabat Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, menjadi penengah. Dalam proses, apabila terjadi kebuntuan atau deadlock, maka kemungkinan itu akan membuat Akbar malah menjadi pilihan utama Jokowi.

Yasin mengatakan, sebagai politisi, Akbar sudah sangat dikenal figur yang mampu meredam konflik. Bahkan kepemimpinannya di Golkar mampu mengantarkan partai ini jadi pemenang Pemilu. Akbar berpengalaman di pemerintahan yang cukup lama serta pernah menjabat Ketua DPR.

“Semua pengalaman ini sangat pas menjadi pendamping Jokowi,” katanya.

Menurut Yasin, sampai saat ini Akbar masih aktif dan terus memberikan dharma baktinya baik bagi Partai Golkar maupun bagi pembangunan manusia Indonesia melalui serangkaian kegiatannya di berbagai daerah. “Tanpa lelah, Akbar terus berbagi ilmu dan pengalaman, sampai ke kota kecamatan. Ini bisa ditiru tokoh lain,” katanya.

Di samping itu, Yasin juga menyinggung posisi strategis Partai Golkar sebagai salah satu partai pengusung Jokowi. Selain Golkar ada PDIP dan sederet partai lain yang sejak awal mendukung Jokowi. Dipastikan situasi dan perkembangan menjelang penaetapan cawapres semakin dinamis.

A?pabila terjadi kebuntuan atau deadlock di antara ketum parpol, maka kemungkinan akan membuat Akbar malah menjadi pilihan utama Jokowi sebagai cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News