Akhir 2019 Pelabuhan Patimban Siap Dioperasionalkan

Akhir 2019 Pelabuhan Patimban Siap Dioperasionalkan
Kapal yang sedang bersandar di pelabuhan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, SUBANG - Pelabuhan Patimban siap dioperasionalkan akhir 2019. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini progres pembangunan Pelabuhan Patimban masih sesuai dengan target.

“Izin sudah selesai semua. Konstruksi yang dibangun yaitu reklamasi, dermaga, trestle, dan breakwater sesuai target bisa selesai, car terminal dulu di bulan Desember,” ujar Budi saat melakukan site visit pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Menurut Budi, Pelabuhan Patimban adalah proyek yang prestisius. Untuk kapasitas Pelabuhan Patimban tahap I adalah 3.5 juta teus, tahap II menjadi 5,5 juta teus dan ketiga tahap ketiga menjadi total 7,5 juta teus. 

“Ini bukan proyek kecil, karena sama besarnya dengan Tanjung Priok, yaitu sekitar 7,5 juta teus. Sehingga bisa dibayangkan segitiga emas Patimban, Kertajati dan Cirebon menjadi daerah yang sangat memenuhi untuk masa depan. Saat ini kita mengembangkan kurang lebih 400 hektar,” papar Budi.

Untuk menunjang mobilitas dari dan ke Pelabuhan Patimban dalam jangka pendek akan dibangun jalan akses, jalan arteri, dan juga jalan tol yang menghubungkan pelabuhan dengan jalan tol yang ada.

“Artinya pergerakan barang yang selama ini ke Tanjung Priok, bisa dikatakan 50 persen akan ke sini. Ini akan menjadi suatu daerah yang berkembang,” jelas Budi.

Selain itu, Budi juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemda Jawa Barat yang telah men-support penuh pembangunan Pelabuhan Patimban. Budi berharap dengan adanya Pelabuhan Patimban ini bisa menekan biaya logistik nasional.(chi/jpnn)


Pelabuhan Patimban bukan proyek kecil, karena sama besarnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News