Akhir Tahun, Pesawat Laris Manis

Akhir Tahun, Pesawat Laris Manis
Akhir Tahun, Pesawat Laris Manis
SEJUMLAH maskapai penerbangan menyiapkan antisipasi melonjaknya penumpang pada masa libur Natal dan akhir tahun nanti. Diperkirakan, lonjakan penumpang akan terjadi pada pekan terakhir Desember hingga awal Januari 2013. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, penambahan penerbangan tambahan sudah mulai dilakukan oleh maskapai. ’’Kami menyiapkan 30 ribu kursi tambahan untuk penerbangan akhir tahun nanti,’’ ujar Direktur Umum Lion Air Edward Sirait, Rabu (5/12).

Edward menyebut, penambahan extra flight dengan kapasitas 30 ribu penumpang itu bukan hanya untuk Lion Air saja. Melainkan termasuk dengan Wings Air yang berada dalam grup Lion Air. Pada tahun lalu, pihaknya menyiapkan taambahan kursi hingga mencapai 18 ribu dan terserap 80 persen. ’’Penerbangan tambahan itu akan dilakukan pada 10 hari sebelum dan 10 hari sesudah Natal,’’ jelasnya.

Rute-rute yang mengalami penerbangan tambahan adalah Jakarta-Denpasar, Jakarta-Ambon, Jakarta-Medan, Jakarta-Manado, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Solo, Jakarta-Semarang. Kemudian Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Ujung Pandang, dan Surabaya-Kupang. Edward menambahkan, tidak menutup kemungkinan rute lain yang diketahui terjadi pertambahan permintaan juga akan dilayani dengan penerbangan tambahan.

Saat ini, sejumlah rute sudah masuk dalam daftar rencana penambahan frekuensi penerbangan. Yaitu, Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Surabaya-Kupang, Jakarta-Surabaya-Manado, Jakarta-Ujungpandang-Jayapura, Ujungpandang-Ambon, Ujungpandang-Balikpapan, Yogyakarta-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi, Denpasar-Bima, Denpasar-Waingapu, dan Denpasar-Lombok. ’’Kami menggunakan 94 unit Boeing untuk Lion Air, dan Wings Air mengoperasikan 28 unit pesawat jenis ATR,’’ terangnya. 

SEJUMLAH maskapai penerbangan menyiapkan antisipasi melonjaknya penumpang pada masa libur Natal dan akhir tahun nanti. Diperkirakan, lonjakan penumpang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News