Akhirnya Datang Juga! Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah

Akhirnya Datang Juga! Piala Dunia Termahal Sepanjang Sejarah
Stadion Luzhniki, tempat opening ceremony Piala Dunia 2018. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, MOSCOW - Piala Dunia 2018 bakal tercatat sebagai ajang sepak bola termahal dalam sejarah. Pemerintah Rusia mengeluarkan dana hingga 678 miliar rubles (sekitar Rp 164 triliun) untuk mendirikan dan merombak stadion, juga untuk membangun infrastruktur transportasi, serta meningkatkan keamanan.

Laporan langsung wartawan Jawa Pos dari Rusia

Pesta bola dengan dana raksasa itu akan dibuka pada Kamis (14/6) pukul 22:00 WIB. Sebagai laga pembuka, tuan rumah Rusia akan melawan Arab Saudi di Stadion Luzhniki.

Dalam keterangan resminya, penyelenggara bakal mencoba format lain dalam gelaran seremoni pembukaan.

Pertama, pesta pembukaan akan berfokus pada pertunjukan musik. Bintang pop asal Inggris, Robbie Williams bakal menjadi penampil utama. Eks pentolan boyband Take That itu akan didampingi penyanyi opra kondang Rusia, Aida Garifullina.

Selain itu, legenda hidup Timnas Brasil, Ronaldo, juga akan terlibat. Dia kabarnya menjadi salah seorang pembawa trofi World Cup.

Selain Williams, pertunjukan bakal melibatkan 500 penari, pesenam, dan trampolin show. Pesta kembang api spektakuler menjadi puncak upacara pembukaan malam ini. Selain informasi tersebut, wartawan peliput resmi Piala Dunia 2018 dari seluruh dunia masih sulit mencari detail-detail lain acara. Maklum saja, akses menuju stadion sudah sangat dibatasi. Penjagaan dilakukan secara berlapis dan ketat.

Namun, menurut keterangan penyelenggara, opening ceremony Piala Dunia 2018 berbeda dengan yang sebelumnya. Jangka waktu hanya 30 menit sebelum kick-off. Jadi, diharapkan 80 ribu penonton yang diprediksi memadati Stadion Luzhniki tidak sempat 'menarik napas'. Setelah menikmati hiburan, mereka disuguhi ketegangan pertandingan pembuka.

Opening ceremony Piala Dunia 2018 hanya 30 menit sebelum laga pembuka Rusia vs Arab Saudi, malam ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News