Senin, 21 Mei 2018 – 08:05 WIB

Krisis Nuklir Korea

Akhirnya, Fasilitas Nuklir Korut Sudah Rata dengan Tanah

Rabu, 16 Mei 2018 – 19:57 WIB
Akhirnya, Fasilitas Nuklir Korut Sudah Rata dengan Tanah - JPNN.COM

jpnn.com, SEOUL - Korea Utara (Korut) merealisasikan iktikad baiknya. Kemarin, Selasa (15/5), Al Jazeera melaporkan bahwa rezim Kim Jong-un itu mulai membersihkan negerinya dari fasilitas nuklir.

Citra satelit menunjukkan sejumlah bangunan di Punggye-ri, fasilitas utama nuklir Korut, yang sudah rata dengan tanah.

’’Gedung-gedung yang berada di dekat empat pintu masuk terowongan-terowongan nuklir telah dihancurkan. Ada yang sudah rata dengan tanah, ada yang sedang dalam proses dirobohkan,’’ ujar seorang periset 38 North sebagaimana dikutip Associated Press. Dia lantas membandingkan citra satelit terbaru Punggye-ri dengan gambar yang terprotret pada 20 April lalu.

Kemarin militer Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Korut memang mulai menghancurkan Punggye-ri. Itu menjadi langkah awal menuju penutupan permanen fasilitas nuklir di kaki Gunung Mantap tersebut.

’’Korut sudah melakukan persiapan yang matang untuk menutup fasilitas nuklir tersebut,’’ tutur Jubir Kepala Staf Gabungan Korsel Roh Jae-cheon.

Kabarnya, selain merobohkan gedung-gedung di Punggye-ri, Korut sudah mengenyahkan lori yang biasa digunakan untuk mengakses terowongan bawah tanah.

Terowongan yang jumlahnya tidak hanya satu menjadi situs uji coba nuklir Korut. Salah satunya uji coba bom hidrogen tahun lalu yang kabarnya mengakibatkan sebagian terowongan ambrol karena saking hebatnya gempa yang tercipta.

Korut menargetkan penutupan permanen Punggye-ri pada 23 Mei atau 25 Mei. Pada hari itu mereka akan mempersilakan jurnalis-jurnalis asing untuk meliput peristiwa tersebut.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar