Akhirnya, Mendag Buka Suara soal Harga Minyak Goreng hingga Cabai

Akhirnya, Mendag Buka Suara soal Harga Minyak Goreng hingga Cabai
Mendag Lutfi buka suara soal kenaikan harga minyak goreng hingga cabai. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi buka suara soal harga minyak goreng dan kebutuhan pokok lain menjelang akhir tahun.

Menurut dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin ketersediaan tiga komoditas bahan pokok yakni minyak goreng, cabai merah, dan kedelai menjelang Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

"Kami memastikan stoknya dan harganya terjangkau," Mendag Lutfi setelah Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok Kota Bandung, Senin (15/11).

Lutfi menjelaskan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri telah berkoordinasi dengan 34 kepala dinas perindustrian dan perdagangan untuk memastikan kebutuhan barang pokok dan penting menjelang nataru.

Dia menilai perkembangan harga bahan pokok jelang nataru kali ini terpengaruh oleh perubahan iklim.

Salah satunya, kata dia, yang dialami oleh komoditas cabai merah. Kemudian, perkembangan harga minyak goreng dan kedelai yang dipengaruhi oleh kondisi global.

"Contohnya minyak goreng. Minyak goreng ini sekarang ini sudah mencapai level Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu untuk kemasan sederhana karena harga CPO (crude palm oil)," ujarnya.

Selain itu, lanjut Lutfi, komoditas lain yang naik adalah telur ayam ras dan cabai merah.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi buka suara soal harga minyak goreng dan kebutuhan pokok lain menjelang akhir tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News