Rabu, 24 Juli 2019 – 11:26 WIB

Akrobat Udara di HUT TNI-AU

Minggu, 10 April 2011 – 09:41 WIB
Akrobat Udara di HUT TNI-AU - JPNN.COM

JAKARTA - Setelah hampir sebelas tahun tidak tampil di depan publik, tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) kemarin memamerkan kemampuan pada HUT Ke-65 TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Enam pesawat latih KT-1B Wong Bee yang dikemudikan pilot-pilot TNI-AU membentuk sejumlah formasi membelah langit Jakarta.

Diiringi lagu Just The Way You Are dari Bruno Mars, mereka piawai membentuk sejumlah manuver yang membutuhkan kemampuan teknis tingkat tinggi. Misalnya, manuver heart (hati), jupiter roll, mata panah, cermin, dan daun semanggi.

Enam pesawat tersebut dipimpin Letkol Pnb Ramot Sinaga (Jupiter 1), Right Inner atau Jupiter 2 oleh Mayor Pnb Fery Yunaldi, Jupiter 3 atau Left Inner oleh Kapten Pnb Anton Pallaguna, Jupiter 4 oleh Mayor Pnb Onesmus Gde Rai Aryadi, Jupiter 5 oleh Mayor Pnb Budi Susilo, dan Jupiter 6 oleh Mayor Pnb James Y. Singal.

Atraksi yang benar-benar membuat penonton menahan napas adalah manuver cermin. Jupiter 5 dan 6 tiba-tiba muncul dari kanan panggung dengan posisi cermin alias terbang beriringan. Pesawat yang terbang dengan kokpit di bawah itu, nyaris bertemu dengan kokpit pesawat di bawahnya.

Setelah itu empat pesawat yang awalnya membentuk wajik melintas kembali di depan podium. Namun, kali ini Jupiter 4 terbang melingkari tiga pesawat lain, bagaikan sekrup yang berputar. Inilah manuver screw roll.

Selain Wong Bee, ditampilkan atraksi Thunder Aerobatic Team (TAT) yang menggunakan tiga pesawat tempur Sukhoi. Juga dihadirkan terjun payung free fall oleh 65 prajurit Pasukan Khas TNI-AU dengan membentuk formasi angka 65, melambangkan usia TNI-AU. Mereka diterjunkan dari enam pesawat C130 Hercules dan empat helikopter Puma 4 330/NAS 332 buatan PT Pindad.

Hadir dalam peringatan HUT Ke-65 TNI-AU itu Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal George Toisutta, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno, Kapolri Jenderal Timur Prodopo, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dan sejumlah perwira tinggi di lingkungan TNI. (rdl/c2/nw)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar