Aksi Kejahatan di Sumut Sangat Mengkhawatirkan

Aksi Kejahatan di Sumut Sangat Mengkhawatirkan
Aksi Kejahatan di Sumut Sangat Mengkhawatirkan

jpnn.com - JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memastikan pencopotan Kompol Jean Calvin Simanjuntak dari jabatan Kasat Serse Polresta Medan, tidak terkait dengan maraknya aksi perampokan disertai perkosaan yang terjadi di Sumatera Utara akhir-akhir ini. Yang bersangkutan diganti karena kebutuhan organisasi di Polda Sumatera Utara.

“Informasi yang kami peroleh dari Polda Sumut, yang bersangkutan saat ini dalam persiapan mengikuti sespim. Jadi kami tegaskan tidak ada kaitan dengan maraknya perampokan yang terjadi di Sumut belakangan ini,” ujar Komisioner Kompolnas, Edi Saputra Hasibuan, di Jakarta, Minggu (1/6).

Selain promosi mengikuti Sekolah Staf Pimpinan (Sespim) Polri, informasi yang diperoleh dari Polda Sumut, kata Edi, Calvin juga disebut memeroleh promosi menempati jabatan baru sebagai Wakil Kepala Polres Simalungun.

Meski begitu, Edi mengaku tetap sedih melihat begitu maraknya aksi kekerasan yang terjadi di Sumut akhir-akhir ini. Karena itu dengan tegas ia menyatakan seluruh jajaran kepolisian di Sumut, tidak boleh setengah hati dalam melaksanakan tugas. Terutama terhadap mereka yang kemungkinan akan segera dimutasi untuk menempati jabatan baru.

Saat ditanya pendapatnya apa langkah-langkah yang perlu diambil untuk menekan angka kekerasan, Edi menilai perlunya peningkatan patroli pengamanan. Dan itu Kompolnas berjanji akan memintnya pada pimpinan kepolisian di Sumut.

“Kita minta Polda Sumut tingkatkan patroli dan sebar anggota yang lebih banyak ditengah masyarakat. Jaga keamanan, berikan kenyamanan kepada masyarakat. Dengan hanya memerlihatkan kehadiran anggota (kepolisian) di tengah masyarakat, maka masyarakat sudah senang dan nyaman. Kita harus jadikan kasus perampokan di Medan dan kota besar lainnnya di sumut untuk tingkatkan kinerja di lapangan,” katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, menduga pencopotan Kasatserse Polresta Medan akibat maraknya aksi perampokan di Medan, apalagi baru-baru ini terjadi peristiwa perampokan disertai pemerkosaan terhadap korbannya.

“Bagaimana pun kasus itu (perampokan diserta perkosaan) menjadi teror baru yang sangat menakutkan warga Medan khususnya dan warga Sumut umumnya,” kata Neta.

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memastikan pencopotan Kompol Jean Calvin Simanjuntak dari jabatan Kasat Serse Polresta Medan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News