Aksi KRI Albakora-867 Ini Jadi Kado Terindah Bagi TNI AL

Aksi KRI Albakora-867 Ini Jadi Kado Terindah Bagi TNI AL
Alutsista TNI AL yakni KRI Albakora-867 melakukan aksi membanggakan bagi TNI AL dengan mengevakuasi 115 orang penumpang KM Simba-1 di sekitar Perairan Lifmatola, Pulau Mangoli, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis (9/9/2021). Foto: Dispen Koarmada III

jpnn.com, MALUKU - Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI AL yakni KRI Albakora-867 melakukan aksi yang membanggakan bagi korps matra laut yang kini berulang tahun ke-76, 10 September 2021.

Pasalnya, KRI Albakora-867 membantu mengevakuasi 115 orang penumpang dan anak buah kapal (ABK) KM Simba-1 yang mengalami patah kemudi pada hari Rabu (8/9/2021) pukul 01.30 WIT

Alutsista TNI AL yang berada di bawah jajaran Gugus Tempur Laut Komando Armada (Guspurla Koarmada) III itu melakukan evakuasi di sekitar Perairan Lifmatola, Pulau Mangoli, Kepulauan Sula, Maluku Utara, Kamis (9/9/2021).

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Guspurla dan seluruh personel KRI Albakora-867 yang telah berhasil melaksanakan tugas dengan sangat baik dan tercapainya

“Zero Accident, terlebih momentumnya juga bersamaan dengan peringatan HUT TNI AL ke-76, sehingga bisa menjadi kado terindah dan sangat membanggakan bagi institusi TNI AL,” kata Panglima Koarmada III melalui siaran pers Kadispen Koarmada III Koloen Laut Abdul Kadir.

Sebelumnya, spaya evakuasi para penumpang dan ABK KM Simba-1 terlebih dulu dilaksanakan oleh Tim SAR Gabungan dan kapal-kapal yang posisinya berdekatan dengan lokasi kejadian, salah satunya adalah KM Barcelona.

Sebanyak 180 orang penumpang berhasil dievakuasi, namun karena kondisi cuaca yang buruk, menyebabkan seluruh penumpang belum berhasil dievakuasi.

Komandan Guspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto setelah menerima informasi kejadian tersebut Rabu sore (8/9/2021), segera memerintahkan unsur KRI Albakora-867 yang pada saat itu berada di Namlea, Pulau buru.

Alutsista TNI AL yakni KRI Albakora-867 melakukan aksi membanggakan sehingga menjadi kado terindah bagi TNI AL yang berulang tahun ke-76 tanggal 10 September 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News