Aktivitas Lima Gunung Berapi di Jatim Meningkat

Aktivitas Lima Gunung Berapi di Jatim Meningkat
Aktivitas Lima Gunung Berapi di Jatim Meningkat

jpnn.com - SURABAYA - Rapat koordinasi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG) dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kemarin mengungkap fakta yang patut diwaspadai. Yakni, lima di antara tujuh gunung api aktif di Jatim berstatus waspada. 

Lima gunung tersebut adalah Raung (Bondowoso), Semeru (Lumajang), Kelud (Kediri dan Blitar), Bromo (Probolinggo), dan Ijen (Banyuwangi dan Bondowoso). ''Tapi, yang paling khusus diwaspadai adalah Gunung Kelud. Sudah ada peningkatan aktivitas vulkanis,'' kata Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Hendra Gunawan. 

Hendra mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan rekomendasi untuk pemerintah daerah setempat. Yakni, harus ada wilayah steril sepanjang 2 km dari puncak. ''Supaya tercapai zero victim dan zero accident,'' paparnya. 

Dikatakan, Gunung Kelud mempunyai karakteristik pelan dan indikator jelas. Dengan demikian, Kelud relatif lebih mudah diprediksi. Hendra kemudian menjelaskan sejumlah indikator. ''Tiga hari terakhir terjadi gempa vulkanis dan suhu air kawah naik. Terakhir 55 derajat Celsius dan terus naik,'' paparnya. 

Kepala BPBD Jatim Sudarmawan mengatakan bahwa pihaknya sebenarnya sudah mengantisipasi dengan baik. ''Hanya, di luar banyak isu yang menyesatkan. Terutama di internet,'' terangnya. Misalnya, foto Kelud mengeluarkan lahar. Padahal, threat atau foto itu sebenarnya hoax (palsu). (ano/mas/nw)

SURABAYA - Rapat koordinasi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG) dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kemarin mengungkap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News